Mengubah Ukuran Shadow Storage Windows Vista

posted in: Computers | 1

Shadow Storage / Shadow Copy, atau Volume Snapshot Device (VSS) merupakan suatu aplikasi yang berhubungan dengan Windows System Restore yang merupakan fitur khusus pada Windows Vista. Shadow Storage / Shadow Copy merupakan disk space yang digunakan oleh System Restore (hingga 15% dari volume hard disk) yang berisi file-file backup registry pada suatu komputer.

Dengan demikian pada hard disk berukuran 100 GB maka 15 Giga dari kapasitas simpan hard disk digunakan untuk keperluan Shadow Copy untuk keperluan System Restore.
Jika kita perlu untuk menghemat kapasitas harddisk maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperkecil ukuran Shadow Copy dari 15% ke ukuran yang lebih kecil sesuai kebutuhan kita. Patut dicatat bahwa pengurangan kapasitas simpan Shadow Copy akan mengurangi juga kemampuan penyimpanan file-file registry (system snapshot) yang diperlukan oleh System Restore. Dengan demikian pengurangan ukuran Shadow Copy hendaknya tidak dilakukan terlalu drastis. Sebaiknya pengurangan kapasitas dilakukan dari 15% menjadi 8 – 10%. Dengan demikian, kemampuan penyimpanan data untuk System Restore masih cukup dan juga kita dapat memperoleh penambahan kapasitas simpan hardisk sekitar 5 – 7 GB.

Pengurangan ukuran Shadow Copy dilakukan dengan menggunakan vssadmin.exe pada Command Prompt yang dijalankan sebagai Administrator.

Untuk melakukannya, Right Click pada Icon Command Prompt dan Select Run as Administrator.

Selanjutnya perlu dilakukan pengecekan ukuran Shadow Copy / Shadow Storage yang sementara digunakan pada system. Untuk itu pada Command Prompt ketikan perintah berikut: vssadmin list shadowstorage (enter)
Sebagai contoh, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

vssadmin at Command PromptTerlihat pada contoh dalam gambar diatas, kapasitas Shadow Storage yang sementara digunakan adalah sebesar 15 GB. Kemudian untuk memperkecil ukuran Shadow Storage menjadi 10 GB, ketikan perintah:
vssadmin Resize ShadowStorage /For=C: /On=C: /MaxSize=10GB
(enter).
Artinya ingin dilakukan pengaturan ukuran Shadow Storage untuk drive C: dan pada drive C: dengan ukuran yang baru sebesar 10 GB. Jika tidak terdapat kesalahan pengetikan perintah, maka akan diperoleh konfirmasi “Successfully resized the shadow storage association“.

Sampai disini ukuran Shadow Storage sudah di kurangi dari 15 GB menjadi 10 GB. Untuk mengecek hasil perubahannya, dapat dilakukan dengan mengulang perintah:
vssadmin list shadowstorage (enter).