Menuju Indonesia Emas 2024, Pj. Walikota Ambon beri Kuliah Umum bagi Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura 

UNPATTI,- Program Studi Transportasi Laut Fakultas Teknik Universitas Pattimura menggelar Kuliah Umum dengan mengundang Pj. Walikota Ambon, Drs. Bodewin M. Wattimena, M.Si sebagai narasumber. Tema yang diusung pada kuliah umum kali ini adalah, “Kota Ambon: Strategi Menuju Indonesia Emas 2024”, berlangsung di Aula lt. 2 Rektorat Universitas Pattimura, Rabu (15 Mei 2024).

Dalam kuliah umum tersebut, Drs. Wattimena berbicara tentang Gambaran Umum Kota Ambon, Capaian Indikator Makro Kota Ambon, Permasalahan dan isu Strategis Kota Ambon, Rancangan RPJPD Kota Ambon Tahun 2025 – 2045, Peran Kota Ambon dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045 serta tantangan dan solusi. Dari materi yang dibawakan, Drs. Wattimena menyimpulkan bahwa Kota Ambon memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Selain itu juga Kolaborasi, Inovasi dan Keberlanjutan menjadi kunci dalam meraih visi besar ini. Pada kesempatan tersebut, beliau didampingi oleh Dr. Hanok Mandaku, S.T, M.T  (Dosen Fakultas Teknik Unpatti) yang bertindak sebagai moderator untuk membantu memfasilitasi kuliah umum antara Drs. Wattimena dan para mahasiswa (peserta kuliah umum).

“Kalau melihat tema yang diangkat dan program studi yang menyelenggarakan tentu tidak ada korelasinya. Namun jika dilihat dan dicermati secara geografis, letak Kota Ambon yang adalah pusat pertumbuhan Provinsi Maluku bisa saja dikemudian hari menjadi pusat pertumbuhan di wilayah Indonesia timur. Dan untuk persiapan menuju Indonesia Emas 2045, tentu dibutuhkan calon-calon generasi emas yang akan meneruskan kepemimpinan di kota ini,” ujar Dr. Lodewyk M. Kelwulan, S.T, M.T selaku ketua panitia pelaksana kegiatan dalam mengawali laporannya. Dr. Kelwulan mengatakan bahwa, ada 4 jurusan dan 11 program studi yang ada di Fakultas Teknik Universitas Pattimura, dan karena itu para mahasiswa yang hadir ditempat ini tentu membutuhkan arahan dan juga pencerahan dari narasmuber bagaimana terlibat secara langsung dengan pemerintah kota untuk menuju Indonesia Emas 2045. Beliau berharap melalui materi yang dibawakan saat ini kiranya dapat memotivasi para mahasiswa untuk mempersiapkan diri dalam mewujudkan Kota Ambon menuju Indonesia Emas 2045.

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengatakan, topik yang digagas dalam kuliah umum saat ini tentu memiliki pandangan yang sama terhadap tentang bagaimana pembenahan sumberdaya manusia. Karena sumberdaya manusia yang ada dilingkungan Universitas Pattimura sama dengan sumberdaya manusia yang ada di masyarakat Kota Ambon. Dan karena itu bagaimana menggagas strategi yang tepat untuk menuju Indonesia Emas 2045. “Wilayah Maluku memiliki 92,7% luas lautan dan hanya ada 7,3% daratan. Karena itu kita semua harus berperan aktif dalam memberikan informasi untuk membenahi sumberdaya manusia dan mengejar ketertinggalannya pada wilayah kepulauan dengan pemikiran strategis tentang bagimana menghubungkan konektivits pulau-pulau ini, serta bagaimana kita bisa mendapatkan sumberdaya perikanan dengan transportasi laut yang baik,” ujar rektor. Rektor berharap, melalui kegiatan ini kiranya dapat bermanfaat dan memotiviasi kita semua agar terus belajar dan memiliki tekad yang kuat untuk meraih masa depan. Senada dengan itu juga, rektor berharap agar Program Studi Transportasi Laut Fakultas Teknik Universitas Pattimura bisa membenahi diri dalam mempersiapkan akreditasi prodi sehingga diakreditasi pertama ini dapat mencapai Akreditas Unggul.

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Ketua Senat Fakultas Teknik Universitas Pattimura, Prof. M. Tukan, para pimpinan OPD Kota Ambon dan para mahasiswa dalam lingkup Fakultas Teknik Universitas Pattimura.

“VOOR AMBON EMAS” – HOTUMESE!

#Universitas Pattimura
#HumasUnpatti
#VoorIndonesiaEmas
#KuliahUmumMenujuIndonesiaEmas2045
#KampusOrangBasudara
#BerkembangDalamTantangan
#MenujuWorldClassUniversity
#Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *