Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Dokter Baru FK Unpatti

UNPATTI,-  Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura menggelar Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 14 Dokter Baru Angkatan XXX Periode Mei Tahun 2024, Selasa (14 Mei 2024) berlangsung di lantai 3 Auditorium Fakultas Kedokteran Unpatti.

14 Dokter Baru yang dilantik :

1. Putri Ulandari
2. ⁠Kurnia Angriani Wijaya
3. ⁠Dewi Najira Kabakoran
4. ⁠El Shaddai Gabriella jaftoran
5. ⁠Mujahidah Rofifah Abdullah
6. ⁠Anugrah Pratama Maryono Dussung Kamoda
7. ⁠Ressita Fannia Iwan
8. ⁠Nurul Hasyana Djusli Fatah Ahmad
9. ⁠Fifian Lie
10. ⁠Fadilah Amalia Rahman
11. ⁠Christian Nugraha Matatula
12. ⁠Celsia Rumuy
13. ⁠Aldy Marthin Wajabula
14. ⁠Elisabeth Sabatini Fatlolon

Wakil Dekan Bidang Akademik FK Unpatti drg. Christiana Rialine Titaley, MIPH., Ph.D.  Dalam laporannya mengatakan, ke-14 dokter baru ini merupakan dokter dari Fakultas Kedokteran Unpatti yang telah menjalani tahap pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun. Tahap kepaniteraan klinik telah berlangsung di berbagai rumah sakit dan puskesmas di Wilayah Provinsi Maluku, Kantor kesehatan pelabuhan Ambon, BASARNAS, klinik dokter keluarga, serta beberapa puskesmas di wilayah pelayanan Dinas Kesehatan Kota Ambon. Untuk rumah sakit dan rumah sakit pendidikan di luar Ambon, para dokter baru ini telah menempuh kepaniteraan klinik di RSP FK. Universitas Hasanuddin Makasar dan RSUD dr Soetomo Surabaya. Setelah menyelesaikan kepaniteraan klinik, para dokter baru ini telah mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa program Profesi Dokter (UKMPPD) yang dilakukan secara nasional, sebagai exit exam dalam menentukan kelulusan dan kompetensi mereka untuk memperoleh gelar dokter.

Dikatakan juga, tingkat kelulusan yang baik telah dicapai oleh para dokter baru  yaitu sebesar 93% untuk first takers. Oleh karena itu presentase kelulusan first takers sejak pertama FK unpatti di Tahun 2015 adalah sebesar 83 %, sebuah angka kelulusan yang baik di Indonesia, terutama di Kawasan Indonesia Timur. Hingga saat ini jumlah dokter yang diluluskan dari Fakultas Kedokteran Unpatti telah bertambah menjadi 400 dokter. Untuk lulusan dokter sebelumnya sebagian besar telah menyelesaikan program internship, ada yangn melanjutkan pendidikan ke tingkat spesialis, magister, bekerja menjadi PNS maupun dokter kontrak di berbagai lokasi di Provinsi Maluku dan ada juga yang kembal mengabdi menjadi staf pendidik di Fakultas Kedokteran Unpatti.

Penjabat Gubenur Maluku, Ir. Sadali IE, M.Si.,IPU dalam sambutannya mengatakan, pengambilan sumpah dan pelantikan dokter saat ini menjadi momentum strategis dalam menyiapkan tersedianya SDM tenaga kesehatan, khususnya tenaga dokter didaerah ini. Karakteristik wilayah Maluku merupakan daerah kepulauan, dengan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, serta aksesibilitas antar wilayah yang sangat terbatas. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para dokter baru yang akan mengabdikan dirinya di Maluku, olehnya itu, diharapkan para dokter baru, untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diemban dengan baik, dimanapun ditempatkan. “Saya yakin dan percaya bahwa dengan tekad dan semangat sebagai  anak daerah, para lulusan dapat menentukan langkah untuk mengabdi di Maluku. Teruslah tingkatkan kompetensi keilmuan secara berkesinambungan, karena perkembangan ilmu, pengetahuan dan teknologi kedokteran yang berkembang sangat pesat. Hari ini tentunya menjadi bukti bagi kita semua, bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura terus berupaya, untuk mencetak dan melahirkan dokter-dokter muda berkualitas”

Mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd.,M.Si dalam sambutan mengatakan Persentase kelulusan first taker dari tahun pertama kelulusan (2015) sampai 2024 mencapai 83,4%. Saat ini FK UNPATTI telah meluluskan total 400 dokter yang tersebar dan mengabdi memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku. Dengan presetasi yang dicapai, diharapkan Fakultas Kedokteran tetap berkembang menjadi pusat Pengembangan Pendidikan Dokter yang berorientasi lingkungan kepulauan, terus berupaya meningkatkan jumlah dan kualitas sumber daya manusia, termasuk saran dan prasarana yang ada  serta berperan aktif membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalah kesehatan terutama di lingkungan kepulauan, sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan yakni menghasilkan dokter pulau.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Dr. dr. Bertha Jean Que,. Sp.S., M.Kes memberikan apresiasi kepada para dokter baru atas kelulusan dan capaian yang luar biasa  telah meberikan capaian kelulusan UKMPPD dengan nilai 93%.  Nilai kelulusan ini bukan hanya sebagai prestasi dari dokter baru saja tetapi capaian ini menjadi keuntungan juga bagi Fakultas Kedokteran Unpatti dimana salah satu poin kuota penerimaan mahasiswa FK Unpatti dipengaruhi oleh nilai kelulusan nasional tersebut. Lanjut dikatakan, Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura merupakan Fakultas Kedokteran pertama dan satu-satunya di Provinsi Maluku,- Indonesia yang memiliki karakteristik kurikulum yang spesifik dan berbeda dengan Fakultas Kedokteran lainnya, yakni : “Program Dokter Pulau dan untuk itulah Fakultas kedokteran unpatti didirikan guna menajawab permasalahan kesehatan di Maluku. Para lulusan FK dibentuk untuk menjadi dokter pulau  sehingga dengan demikian, diharapkan kepada orang tua agar dengan ikhlas dapat  merelakan anak-anaknya untuk mengabdi pada pusat-pusat layanan kesehtan masyarakat di pulau-pulau yang ada di Provinsi Maluku. Dekan juga berharap,  para dokter baru ketika di tempatkan pada  pusat layanan masyarakat dapat memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat yang ada di pulau-pulau.

“Saat ini, Fakultas Kedokteran Unpatti telah meluluskan sebanyak 400 dokter, tinggal bagaimana semua dokter dapat dimanfaatkan untuk mengisi pusat-pusat pelayanan masyarakat yang masih kosong, hal ini perlu mendapat perhatian  bersama dari pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk memberdayakan lulusan FK sehingga kedepannya seluruh masayrakat di provinsi Maluku dapat merasakan layanan kesehatan yang berkualitas dan  merata,” ungkapnya.

Mewakili lulusan, dr. Fadilah Amalia Rahman, S.Ked mengatakan, pendidikan dan proses belajar tidak pernah berada di finish, seperti yang telah disepakati bahwa menjadi dokter artinya siap belajar seumur hidup. “ Teruslah berjuang, semoga profesi kita dapat menjadi berkat dan membawa manfaat bagi orang banyak yang tentunya nilainya tidak dapat dilabeli harga” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan, Pengambilan dan pelantikan Sumpah Dokter oleh Dekan FK Unpatti, Dr. dr. Bertha Jean Que, Sp.S., M.Kes., penandatangan Bukti Angkat Sumpah Dokter Indonesia dan Penandatanganan bersedia di tempatkan di Provinsi Maluku. Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan unpatti  menyerahkan para dokter baru kepada organisasi profesi yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diterima oleh perwakilan IDI Wilayah Maluku, dr. Is Iksan Hataul, Sp.B M.

“Jangan pernah berhenti belajar karena ilmu selalu berkembang” selamat berkarya para dokter muda..

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#PengambilanSumpahdanPelantikanDokterBaruFKUnpatti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *