Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 7

UNPATTI,- Unit Pengelola Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Pattimura menggelar “Sosialisasi Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 7,  berlangsung di Aula Rektorat Universitas Pattimura pada Rabu 22 Mei 2024.

Magang Berkualitas dan Studi Independen (MSIB) merupakan implementasi dari salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang bertujuan memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa untuk melakukan magang dan studi independen di berbagai perusahan dan institusi.

Ketua Pengelola MBKM Universitas Pattimura, Prof. Dr. Natelda R. Timisela, SP.,MP dalam sambutan mengatakan, MSIB merupakan program unggulan yang diminati oleh para mahasiswa di seluruh Indonesia termasuk mahasiswa Universitas Pattimura. Universitas Pattimura sampai saat ini ada 460 mahasiswa yang sudah mendaftarkan diri dan dari jumlah tersebut, ada 300 mahasiswa yang sudah menerima rekomendasi. Prof. Timisela berharap, melalui sosialisasi yang dilaksanakan hari ini akan ada peningkatan minat mahasiswa unpatti yang mendaftarkan diri dan lolos MSIB di tahun 2024. Ia juga mengharapkan, adanya koordinasi yang baik dari mahasiswa dan dukungan dari pimpinan fakultas untuk semua kegiatan MSIB sehingga semua pelaksaan dapat berjalan dengan baik.

Rektor Universitas Pattimura, Prof.Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan sosialisai tersebut mengatakan, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang implementasinya dijalankan melalui delapan program yang salah satunya adalah magang berkualitas dan studi independen. Program MSIB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman didunia kerja diberbagi sektor baik pemerintah maupun swasta. Melalui Program MSIB mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata dalam menerapkan ilmu serta kesempatan untuk menunjukan kualitas diri dan siap berkompetensi. Rektor juga mengatakan, selain memberikan manfaat kepada mahasiswa, program ini juga memberikan manfaat kepada universitas dalam upaya pencapaian IKU khususnya IKU 1 dan program ini dapat dikonversi sebagai nilai mata kuliah hingga 20 SKS.

Rektor berharap, sosialisasi ini akan memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa terkait pentingnya program magang dan studi independen dalam mengembangkan kompetensi diri dan diharapkan pula dengan materi yang disampaikan oleh narasumber akan memotivasi mahasiswa untuk lebih banyak lagi yang ikut serta berpartisipasi dan memanfaatkan peluang ini untuk mempersiapakan SDM  di Maluku yang unggul dan bersinar untuk Indonesia emas.

Rizsa Putri Elburdah, S.Pt.,MM  menyampaikan materi terkait dengan Magang dan Studi Independean Bersertifikat angkatan 7.  Ia menjelaskan, berbagai manfaat yang akan diterima oleh mahasiswa seperti mendapatkan bimbingan dari mentor professional selama magang sehingga dapat menjadi mahasiswa yang berkualitas serta diskusi dan tanya jawab.

Sosialisasi dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Dominggus Malle, S.Pt,M.Sc, Tim Pusat MSIB Pusat, para Kaprodi, para Dosen, Tim MBKM Unpatti dan diikuti oleh 400 mahasiswa unpatti.

#UniversitasPattimura
#HumasUnpatti
#SosialisasiMagangdanStudiIndependenBersertifikat(MSIB)Angkatan7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *